Minggu, 31 Oktober 2010

tugas maba 2010

>>UGPEDIA


UGPEDIA merupakan suatu wadah sumbangsih bagi civitas akademika khususnya dan bagi masyarakat umumnya, disini anda dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, mulai dari pendaftaran, perkuliahan, alumni, prosedur-prosedur, fasilitas serta hal-hal yang berhubungan dengan istilah yang sering ditemui di lingkup pendidikan universitas.
Beberapa keunikan yang dapat anda gunakan pada UGPEDIA adalah:
1. InstantResponse , merupakan fasilitas pencarian seketika dengan model smart search artinya kami akan mulai mencari begitu anda mengetikkan keyword pada fasilitas InstantResponse.
2. Kemudahan mencari informasi, UG memiliki sekitar 70-an subdomain, kami menyadari bahwa dengan banyaknya subdomain tersebut sulit bagi anda untuk mencari informasi pada subdomain yang kami miliki. Disini anda mendapatkan kemudahan dari kami menunjukkan arah yang tepat bagi informasi yang anda inginkan.
3. Sehubungan dengan term "wikipedia" yang sering digunakan oleh masyarakat internet, maka disini pun anda dapat berkontribusi untukmenyumbangkan informasi-informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, diharapkan dengan sumbangsih informasi tersebut dapat membantu adik, teman maupun pihak lain yang membutuhkannya.

(http://ugpedia.gunadarma.ac.id/news/1/id/peluncuran-fasilitas-ugpedia.html)


>>Studentsite

Situs mahasiswa (studentsite) disediakan untuk memperoleh informasi dari dosen maupun program studi yang dapat secara langsung diketahui melalui situs mahasiswa tersebut. Situs ini dapat digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar yaitu melalui
(a) informasi jadwal kuliah dan ujian, (b) informasi atau tugas dari dosen, dan (3) Daftar Nilai Sementara (DNS). Selain itu, USER ID dan password pada studentsite ini dapat digunakan untuk mengakses layanan ICT lainnya yaitu UG-Hotzone, Internet Lounge, Integrated Lab, Career Center, dan E-Learning Center. Fitur lainnya adalah fasilitas email, forum atau group discussion, pendaftaran sidang akhir, dan pemesanan surat keterangan.

(http://ugpedia.gunadarma.ac.id/content/1/1715/id/studentsite.html)


Kelebihan studentsite :
1. mendapat informasi tentang perkuliahan
2. bisa mengirim tugas kepada dosen mata kuliah tersebut
3. dapat melihat jadwal & jadwal ujian

Kekurangan :
1. eror dalam mengakses studentsite
2. saat pertama melakukan aktifasi sering eror

Fitur-fitur Studentsite : 

1. Locker
dapat meyimpan pesan dosen (Lecture Message) yang diberikan oleh dosen dari mahasiswa yang bersangkutan, Rangkuman Nilai, Jadwal Kuliah , dan Jadwal Ujian. dengan membuka “locker”, mahasiswa bisa mengetahui semua hal yang terkait dengan kegiatan akademisnya di Universitas Gunadarma.

2. Addres book
Menyimpan alamat-alamat email mahasiswa


3. Calendar
Mengatur jadwal hariannya selayaknya agenda.

4. File Manager
Menyimpan dan mengelola file-file yang dimilki

5. Forum
Mahasiswa dapat berkomunikasi atau berdebat mengenai suatu topik yang sedang hangat dengan teman-temannya.

6. Bookmark
Bila sedang mencari informasi melalui internet, mahasiswa dapat menyimpan URL situs tersebut.


>>BAAK

BAAK Universitas Gunadarma adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :
  1. BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra);
  2. Bagian Ujian Semester dan Bank Soal;
  3. Bagian Koordinasi Perkuliahan
    • Sub Bagian Jadwal Kuliah;
    • Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
    • Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen.
  4. Bagian Monitoring Kuliah.
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen;
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa.


 >>PORTOPOLIO

Portofolio Mahasiswa yang dimiliki oleh setiap mahasiswa Universitas Gunadarma bersifat elektronik dan dapat diakses oleh umum (open content). Format alamat portofolio tersebut adalah sebagai berikut:http://npm.student.gunadarma.ac.id
[Catatan: npm diganti dengan nomor NPM masing-masing mahasiswa]

Portofolio Mahasiswa tersebut terdiri dari informasi-informasi UTAMA sebagai berikut:
1. Home, yang menampilkan foto diri dan kutipan berita dari Universitas Gunadarma
2. Akademik, yang merupakan daftar mata kuliah yang sudah diambil oleh mahasiswa yang secara otomatis terisi dari Sistem Informasi Akademik Terpadu
3. Seminar, yang informasinya diperoleh darihttp://seminar.gunadarma.ac.id . Portofolio mahasiswa secara otomatis ini terisi jika mahasiswa yang bersangkutan mengikuti acara seminar di Universitas Gunadarma yang sistem pendaftaran seminarnya melalui situs tersebut. Jika mahasiswa mengikuti seminar di luar Universitas Gunadarma harap melapor ke Dosen Pengampu dengan menyertakan bukti-bukti keikutsertaannya.
4. Kursus/Workshop, yang diselenggarakan di Lembaga Pengembangan Universitas Gunadarma.
Informasi tentang kursus/workshop ini juga akan terisi otomatis jika mahasiswa yang bersangkutan mengikuti kursus/workshop di Lembaga Pengembangan.
5. Tulisan, merupakan tulisan ATAS INISIATIF MAHASISWA yang sumber tulisannya ada dua yaitu (a) Tulisan di UG student Journalism atau UG Wartawarga yang dapat dilihat dihttp://wartawarga.gunadarma.ac.id dan (b) tulisan di blog yang dimiliki oleh mahasiswa yang bersangkutan. Setiap mahasiswa UGotomatis dapat menulis di Wartawarga setelah login ke studentsite dan memilih fitur layanan “wartawarga” di studentsite. Sebuah tulisan mahasiswa di blog juga dapat disubmit melalui studentsite yaitu pada fitur layanan “Tulisan” dengan memasukkan “judul” tulisannya serta alamat URL-nya secara lengkap. PERHATIAN: MOHON SETIAP MAHASISWA MELIHAT BERBAGAI FITUR LAYANAN DI STUDENTSITE DAN DIHARAPKAN SELALU MENGAKSES STUDENTSITE SECARA PERIDIOK
6. Tugas, merupakan tulisan mahasiswa yang berdasarkan PENUGASAN DARI DOSEN PENGAMPU sesuai dengan Materi Mata Kuliahnya yang mengacu ke SAP dari Mata Kuliah Tersebut. Tugas tersebut ditulis di blog pribadi yang wajib dimiliki oleh mahasiswa UG. Blog tersebut boleh dengan domain .web.id, .info, wordpress, blogspot, blogsome, multiply, ngeblogs.com, dll. Tulisan diblog tersebut dapat disubmit melalui studentsite pada fitur “Tugas” dengan memasukaan “judul” tulisan dan alamat URL tulisan tersebut pada blog mahasiswa.
7. Kreatifitas, yaitu prestasi atau keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kreatifitas dan inovasi- baik di dalam maupun di luar Universitas Gunadarma. Contoh kegiatan kreatifitas yang dibiayai oleh pemerintah adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang terdiri dari 4 bidang (Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Wirausaha, dan Penerapan Teknologi) dan PKM-Tulisan Ilmiah (PKMI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Contoh kegiatan kreatifitas di dalam UGadalah berbagai perlombaan internal di UG misalnya UG ICT AWARD, lomba blog bulanan, KOMPRESS, dll. Prestasi di luar kampuspun dapat diperhitugkan dengan catatan melaporkan ke dosen pengampu atau ke bagian kemahasiswaan. Pengisian informasi kreatifitas ini akan dilakukan oleh panitia khusus yang ditunjuk sesuai dengan sumber data kegiatan kreatfitas yang dikoordinir oleh bagian kemahasiswaan.
8. Kemahasiswaan, adalah informasi yang bersumber dari bagian kemahasiswaan mengenai keterlibatan mahasiswa yang bersangkutan dalam organisasi atau kegiatan kemahasiswaan yang menjadi kewenangan bagian kemahasiswaan Universitas Gunadarma. Pengisiaan informasinya dilakukan oleh satuan kerja khusus yang ditunjuk, dalam hal ini bukan diisi oleh mahasiswa yang bersangkutan.

>>WARTA WARGA

Warta warga merupakan situs untuk wadah bagi segenap civitas akademika UG untuk menyalurkan kemampuan menulis dalam menunjang program softskill.

(http://ugpedia.gunadarma.ac.id/content/53/345/id/wartawarga.html?highlight=wartawarga)


>>SAP

Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ialah yang berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.
Setiap mata kuliah memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang merupakan penjabaran secara rinci rencana perkuliahan. SAP tersebut harus memuat unsur-unsur sebagai berikut :
  • Kode, nomor, dan nama mata kuliah.
  • Kedudukan mata kuliah (Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK))
  • Semester dan tahun mata kuliah tersebut diajarkan.
  • Bobot kredit.
  • Tujuan mata kuliah.
  • Mata Kuliah prasyarat (bilamana perlu).
  • Nama pengajar.
  • Waktu dan tempat kuliah
  • Rincian acara perkuliahan dan bahan bacaan wajib dan anjuran.
  • Cara mengevaluasi proses belajar-mengajar.
Fasilitas Searching SAP
Untuk mempercepat mencari SAP yang diinginkan, kini untuk menampilkan SAP terdapat fasilitas lacak (searching). Dengan fasilitas ini, para dosen dapat memasukkan keyword singkat mata kuliah untuk menampilkan daftar SAP-nya.
Sebelumnya untuk menampilkan daftar SAP, harus dicari sesuai dengan urutan tiap jurusan dan fakultas.


>>E-Learning

E-Learning merupakan fasilitas pembelajaran elektronik yang digunakan untuk membantu mahasiswa memahami materi ajar. Menyediakan materi pembelajaran yang dilengkapi dengan audio visual yang dapat memberikan gambaran suatu konsep lebih jelas. Materi e-learning terdiri dari CD interaktif dan virtual class serta electronic journal.

(http://ugpedia.gunadarma.ac.id/content/53/691/id/e_learning.html?highlight=elearning)

>>BAPSI

Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) merupakan unit kerja di tingkat universitas yang berada di bawah Rektor deserta jajaran Pembantu Rector, sesuai dengan struktur organisasi Universitas Gunadarma. 
Fungsi dan wewenang BAPSI secara umum bersifat koordinatif bersama unit pelaksana dan unit terkait lainnya dalam peningkatan layanan informasi akademik dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pada tahun 2007 ini, BAPSI membentuk unit kerja khusus yaitu Network Operation Center (UG-NOC), System Development Center (UG-SDC), Media and Information Center (UG-MIC), E-Learning Center (UG-ELC), dan Research Information Center (UG-RIC). Kelima unit baru tersebut melengkapi struktur BAPSI sebelumnya, khususnya yang terkait dengan layanan Sistem Informasi.
Kantor BAPSI berlokasi di Gedung 2 lantai 3, Kampus Depok, Jalan Margonda No.100 Depok.
Situs BAPSI dapat diakses pada http://bapsi.gunadarma.ac.id/


>>staffsite

staffsite biasanya digunakan untuk melihat materi pelajaran yang telah di download oleh masing-masing dosen disetiap bidang pelajarannya masing-masing. cara mengaksesnya dengan menuliskan nama dosennya dan mata kuliahnya

-kekurangannya  yaitu kadang bermasalah dalam membrowsing situs ini.
-kelebihannya yaitu  situs ini sangat efesien dan mempermudah mahasiswa dalam memperoleh materi disetiap bidang mata kuliah.

(http://www.staffsite.gunadarma.ac.id)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar