Jumat, 01 Oktober 2010

ISD Sebagai salah satu MKDU

ISD Sebagai salah satu MKDU
Tujuan Instruksional Umum :
Mahasiswa memahami hakekat dan fungsi ISD dalam perguruan Tinggi


>Pertama kita akan membahas tentang tujuan pendidikan umum di perguruan tinggi
Tujuan pendidikan umum diperguruan tinggi adalah:

1.          Sebagai salah satu bentuk usaha yang dilakukan untuk membantu dalam perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat,bangsa serta agama.
2.        Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah sosial yang dapat timbul di dalam masyarakat Indonesia
3.        Memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berpikir secara dsisiplin, dan mampu memahami pikiran para ahli berbagai ilmu pengetahuan, sehingga dengan demikian memudahkan mereka dalam berkomunikasi
4.        Mengembangkan keahlian mahasiswa dalam bidang atau disiplin ilmunya masing-masing.


>Kedua kita akan menjelaskan tentang 3 kemampuan yang diharapkan dihasilkan dari lulusan pendidikan tinggi

 kemampuan yang sangat diharapkan dari lulusan pendidikan tinggi adalah:

1.         Menjadikan mahasiswa/i yang berjiwakan kepada pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengamalan nilai-nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia
2.       Menjadikan mahasiswa/i yang taqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, sehingga bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki toleransi terhadap pemeluk agama lain
3.       Menjadikan mahasiswa/i yang memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral  didalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial, politik maupun pertahanan keamanan serta memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta meningkatkan kualitasnya,maupun lingkungan alamiahnya dan secara bersama-sama berperan serta didalam pelestariannya.

> Menjelaskan latar belakang diberikannya ISD
Ketiga kita akan membahas tentang latar belakang diberikannya ISD didlm perkuliahan:
Didalam perkembangan yang semakin modern ini, semakin banyak pula  memunculkan sikap keindividualisme disetiap orang , semakin tinggi pendidikan semakin mengkerucut  pula sikap sosialisme kita karena setiap orang  ingin berlomba lomba untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dibandingkan orang lain. Sehingga kadang di lingkungan perkulian sering terjadi sikap seperti  ini,  selin itu juga mereka kurang peka,kurang  sensitif dan tak acuh terhadap masalah sosial yang ada di sekitarnya. Untuk mengatasi kekurangpekaan itu disajikanlah mata kuliah ISD bagi para mahasiswa agar mereka memiliki “sence of crisis” terhadap lingkungan sekitarnya.
> Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ISD
Keempat kita akan menjelaskan pengertian dari ISD itu sendiri, yaitu sebagai berikut:
1.         Frank H. Hankin mendefinisikan sosiologi adalah studi ilmiah tentang fenomena yang timbul dari hubungan kelompok umat manusia.

> Menyebutkan tujuan ISD
Kelima kita akan menjelaskan tentang tujuan dari ISD yaitu sebgai berikut:
Membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dan setiap anggota golongan terpelajar Indonesia, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lainnya.

> Menyebutkan 3 kelompok ilmu pengetahuan
Keenam kita akan menyebutkan tentang 3 kelompok ilmu pengetahuan:
1.         Natural science (ilmu-ilmu alamiah) seperti fisika, kimia, astronomi, biologi, botani, dan lain-lain;
2.       Sosial science (ilmu-ilmu sosial) terdiri dari sosiologi, ekonomi, politik, antropologi, sejarah, psikologi, geografi, dan sebagainya;
3.       Humanities (ilmu-ilmu budaya), seperti bahasa, agama, kesusastraan,  kesenian, dan lain-lain.



>Menjelaskan pengertian masalah social
Ketujuh kita akan menjelaskan tentang pengertian masalah social yaitu sebagai berikut:
Masalah sosial, memiliki dua pengertian, yaitu:
  1. Menurut  umum atau warga masyarakat bahwa segala sesuatu yang menyangkut kepentingan umum adalah masalah sosial;
  2. Menurut para  ahli, masalah sosial adalah suatu kondisi atau perkembangan dalam masyarakat yang berdasarkan studi mereka mempunyai sifat yang dapat menimbulkan kekacauan terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruhan. Misalnya, masalah pedagang kaki lima di kota-kota besar di Indonesia, masalah sampah,masalah pengangguran dan sebagainya.

>Memberikan contoh masalah social
Kedelapan kita akan memberikan contoh-contoh dari masalah sosial
1.     Pengangguran

2.     Kemiskinan


3.     Pembodohan


4.     Pungutan liar
5.     Tuna wisma
6.     Kebakaran
7.     Penggusuran
8.     Bencana alam
9.     Kenaikan sembako
10.  Pemimpin yang benar

saya akan merespon salah satu dari delapan point yaitu point yang ke delapan yang menurut saya menarik untuk direspon karena masalah social itu tidak bisa kita hentikan secara total tetapi hanya bisa kita kurangi, karena disetiap hari atau bahkan disetiap detik ada saja masalah social yang terjadi, kita pun sangat sulit untuk meminimalisir itu semua, entah bagaimana caranya menurut saya masalah social itu tidak akan kunjung berhenti atau berkurang melainkan bertambah. Semakin maju perkembangan social maka semakin rumit pula masalah social yang terjadi ini merupakan kesinambungan antara perkembangan social dengan masalah social yang tak bisa dilepaskan satu sama lain.


>sumber
-SHINTA AYU SETIANINGRUM, S.Kom
-community.gunadarma.ac.id
-www.trutech.co.cc


Nama pembuat blog               : arini partiwi
Kelas                                       : 1IA10
Npm                                         : 51410102




Tidak ada komentar:

Posting Komentar